Wadah Aspirasi dan Kreasi Mahasiswa UGM

KLPTI #2 Membahas tentang CODEBLOCK

September21

Saya mengambil dari latihan 2, 3,dan 4.

 

KODE PROGRAM/LISTING


 

  • kode program 1(program menghitung volume bola)

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>

main()

{

float a,b,c=4.0/3.0, d=22.0/7.0;

printf(“program menghitung volume bola\n”);

printf(“masukkan jari-jari=”);

scanf(“%f”,&a);

b=(c*d*a*a*a);

printf(“jadi volume bola adalah %2.f\n”,b);

}


 

  • kode program 2(program penjumlahan dan pengurangan)

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>

 

main()

{

int a=3,b=6;

printf(“A=%d\n”,a);

a++;

printf(“A++=%d\n”,a);

printf(“B=%d\n”,b);

b–;

printf(“B–=%d\n”,b);

}


 

  • kode program 3(program pembagian dan sisa pembagian)

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>

 

main()

{

float d;

int a,b,c;

printf(“masukkan bilangan”);

scanf(“%d”,&a);

printf(“masukkan pembagi”);

scanf(“%d”,&b);

c = a/b;

d = a%b;

printf(“sisanya=%d\n”,&c);

printf(“sisanya=%f\n”,&d);

}


 

PEMBAHASAN 

Pada latihan 1,2,dan3 terdapat #include <stdio.h> & #include <stdlib.h> atau header pada bagian project paling atas yang berfungsi sebagai penyimpan fungsi-fungsi pustaka yg digunakan ole program.

Dan dibawah #include <stdio.h> & #include <stdlib.h> ada ‘main()’ yaitu berfungsi sbg program utama.

Selain itu ada juga simbol kurung kurawa ({}) berfungsi untuk pembuka dan penutup program.

Selain kurung kurawa ada simboltitik koma (;) berfungsi mengakhiri body.

Dan simbol petik dua () yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri statemen.

Integer berfungsi untuk menyatakan tipe data dalam bilangan bulat jika menginginkan hasil bulat(int a,b,c;).

Float berfungsi sebagai menyatakan tipe data dalam bilangan pecahan jika menginginkan pecahan(float a,b,c=4.0/3.0, d=22.0/7.0;).

Character berfungsi sebagai tanda unyuk memasukan huruf maksimal 100(char g[100];).

Scanf befungsi untuk membaca data sebelumnya.

Pada latihan 3 tedapat rumus :

  • c = a/b; —-> rumus pembagian
  • d = a%b; —-> rumus mencari sisa pembagian.

 

HASIL

 Untitled

hasil program 1(volume bola)

Untitled1

hasil program 2(penjumlahan & pengurangan)

Untitled2

hasil program 3(pembagian dan sisa bagi)

KESIMPULAN

Pada saat kita ingin membuat sebuah program terlebih dahulu kita mengetahui tentang rumus-rumus, tipe data, karakter, dsb. Dan kita harus sangat teliti dikarenakan walau salah sedikitpun maka program tidak akan berjalan.

Email will not be published

Website example

Your Comment: