KLPTI #2 Membahas tentang CODEBLOCK
Saya mengambil dari latihan 2, 3,dan 4.
KODE PROGRAM/LISTING
- kode program 1(program menghitung volume bola)
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
main()
{
float a,b,c=4.0/3.0, d=22.0/7.0;
printf(“program menghitung volume bola\n”);
printf(“masukkan jari-jari=”);
scanf(“%f”,&a);
b=(c*d*a*a*a);
printf(“jadi volume bola adalah %2.f\n”,b);
}
- kode program 2(program penjumlahan dan pengurangan)
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
main()
{
int a=3,b=6;
printf(“A=%d\n”,a);
a++;
printf(“A++=%d\n”,a);
printf(“B=%d\n”,b);
b–;
printf(“B–=%d\n”,b);
}
- kode program 3(program pembagian dan sisa pembagian)
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
main()
{
float d;
int a,b,c;
printf(“masukkan bilangan”);
scanf(“%d”,&a);
printf(“masukkan pembagi”);
scanf(“%d”,&b);
c = a/b;
d = a%b;
printf(“sisanya=%d\n”,&c);
printf(“sisanya=%f\n”,&d);
}
PEMBAHASAN
Pada latihan 1,2,dan3 terdapat #include <stdio.h> & #include <stdlib.h> atau header pada bagian project paling atas yang berfungsi sebagai penyimpan fungsi-fungsi pustaka yg digunakan ole program.
Dan dibawah #include <stdio.h> & #include <stdlib.h> ada ‘main()’ yaitu berfungsi sbg program utama.
Selain itu ada juga simbol kurung kurawa ({}) berfungsi untuk pembuka dan penutup program.
Selain kurung kurawa ada simboltitik koma (;) berfungsi mengakhiri body.
Dan simbol petik dua (“) yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri statemen.
Integer berfungsi untuk menyatakan tipe data dalam bilangan bulat jika menginginkan hasil bulat(int a,b,c;).
Float berfungsi sebagai menyatakan tipe data dalam bilangan pecahan jika menginginkan pecahan(float a,b,c=4.0/3.0, d=22.0/7.0;).
Character berfungsi sebagai tanda unyuk memasukan huruf maksimal 100(char g[100];).
Scanf befungsi untuk membaca data sebelumnya.
Pada latihan 3 tedapat rumus :
- c = a/b; —-> rumus pembagian
- d = a%b; —-> rumus mencari sisa pembagian.
HASIL
hasil program 1(volume bola)
hasil program 2(penjumlahan & pengurangan)
hasil program 3(pembagian dan sisa bagi)
KESIMPULAN
Pada saat kita ingin membuat sebuah program terlebih dahulu kita mengetahui tentang rumus-rumus, tipe data, karakter, dsb. Dan kita harus sangat teliti dikarenakan walau salah sedikitpun maka program tidak akan berjalan.